Perbedaan Modem USB dengan Modem Serial


Pada kesempatan kali ini, kami akan berusaha membahas secara detail tentang perbedaan wavecom USB dan Serial. Banyak yang bingung ketika pertama kali memutuskan untuk membeli modem wavecom sebagai perangkat pendukung dalam bisnis server pulsanya. Selain pada chipset (yang telah dibahas pada artikel sebelumnya), ternyata pengguna juga kebingungan dalam memilih interface antara usb dan serial pada wavecom.
Pada Modem Wavecom USB, anda akan memperoleh :
- Modem Wavecom
- Antena L
- Kabel Data USB
- CD Driver
wavecom PERBEDAAN MODEM USB & SERIALModem Wavecom 1306B USB sangat mudah penggunaannya, cukup install driver “Prolific” (persis pada instalasi kabel data bluetech, jika sdh pernah install, tidak perlu install lagi), dan untuk paralel USB tidak terbatas, hanya cukup menggunakan USB Hub, maka anda dapat menggunakan puluhan, bahkan ratusan modem wavecom USB pada 1 perangkat CPU / Laptop anda.
Hal ini menjadi kemudahan tersendiri bagi yang membutuhkan perangkat wavecom dalam jumlah besar bagi server / sms gateway.
Selain dalam hal kemudahan paralel, Modem Wavecom USB juga memiliki kecepatan yang lebih baik (USB 2.0) dibandingkan dengan perangkat serial.
Kelemahan USB terletak pada kestabilan, dimana Modem Wavecom USB menggunakan daya dari CPU / Laptop anda sehingga lebih memberatkan Power pada Komputer anda. Hal ini menyebabkan anda harus lebih sering mengecek “COM Port” apabila Power Supply pada CPU/Laptop anda kurang stabil.
Pada Modem Wavecom Serial, anda akan memperoleh :
- Modem Wavecom
- Antena L
- Kabel Data USB
- Adaptor Modem
Modem Wavecom 1306B Serial memiliki keunggulan yang lebih stabil dibandingkan dengan Modem Wavecom USB, hal ini dikarenakan Wavecom Serial dilengkapi dengan Adaptor Modem, dimana Power untuk Modem langsung dari Stop Kontak (bukan dari CPU / Laptop) sehingga tidak memberatkan Power Supply pada CPU/Laptop.
Akan tetapi, keterbatasan dalam paralel modem, menjadi kendala tersendiri bagi Wavecom Serial. Anda membutuhkan PCI to Serial dalam paralelnya.
Seperti kita ketahui, slot PCI pada motherboard CPU sangatlah terbatas (pada CPU lama 2-6 slot), yang berarti keterbatasan perangkat serial per CPU.
Semoga artikel berikut dapat bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page

 

About

Internet Marketing
eXTReMe Tracker
click here Search Engine Submission