Cara Menggunakan TeamViewer ( Remote Desktop )


Ada kalanya kita ingin mengakses komputer yang tidak ada di depan kita dengan mudah, baik itu untuk mengatasi masalah, saling berkolaborasi, ingin melakukan akses data/program yang ada di komputer lain atau lainnya. Jika kedua komputer terhubung dengan Internet, maka hal tersebut bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan software TeamViewer.

TeamViewer merupakan salah satu software Remote Desktop yang cukup populer dan banyak digunakan karena kemudahannya, keunggulan dan mampu berjalan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Mac OX X, Linux, iOS dan juga Android. Kita bisa menggunakan secara gratis untuk penggunaan non-komersial.
Cara Menggunakan Teamviewer
Cara Menggunakan Teamviewer

Remote Desktop merupakan istilah untuk software atau fitur sistem operasi yang memungkinkan atau mengijinkan kita mengakses komputer lain atau yang ada di luar (asal terkoneksi internet/jaringan) secara remote, seakan komputer tersebut didepan kita.
TeamViewer terdiri dari dua buah program utama, satu program dijalankan di komputer kita dan satu lagi di komputer yang akan kita akses melalui komputer kita (remote). Setelah keduanya terkoneksi maka kita bisa mengakses komputer secara remote dengan mudah karena tampilannya merupakan tampilan dekstop komputer remote (lengkap dengan start menu, icon2 dan program2 yang ada).
Tersedia versi installer ataupun portable yang bisa kita pilih. Jika kita jarang menggunakan atau hanya ingin mencoba, sebaiknya memilih versi portable sehingga tidak perlu installasi. Selain 2 program utama, terdapat aplikasi tambahan lainnya yang mendukung atau untuk mendapatkan fitur lain seperti meeting.
Cara Menggunakan TeamViewer
Untuk komputer yang akan diakses, agar mudah dan simpel, bisa menggunakan aplikasi portable TeamViewer QuickSupport. Download TeamViewerQS (sekitar 4 MB) kemudian langsung jalankan, tunggu beberapa saat sehingga kita akan mendapatkan ID dan password.
Cara Menggunakan Teamviewer
Cara Menggunakan Teamviewer

ID ini bersifat unik sehingga tidak bisa kita ubah, sedangkan password bisa kita ubah atau dibuat acak ( klik kanan di isian password dan pilih menu “Create new random password”). Selanjutnya kita tinggal memberikan ID dan Password tersebut ke orang yang akan diberikan ijin untuk mengakses komputer kita.
Untuk komputer yang digunakan untuk mengakses secara remote, install TeamViewer atau download TeamViewer Portable. Selanjutnya jalankan TeamViewer.exe. Untuk mengakses komputer lain, pada bagian Control Remote COmputer, isikan bagian Partner ID sesuai dengan ID komputer yang akan kita akses (yang sudah diberikan teman kita).
Cara Menggunakan Teamviewer
Cara Menggunakan Teamviewer
 
Selanjutnya kita bisa memilih Remote Control atau File Transfer, dan tinggal klik tombol Connect to partner. Setelah itu jika komputer yang akan diakses online dan TeamViewer Quick Support aktif, maka kita akan terkoneksi dan diminta memasukkan password. Setelah ID dan password benar, kita akan bisa mengakses desktop komputer secara remote. Dengan TeamViewer.exe ini pun komputer kita juga bisa diakses komputer lain dengan memberikan ID dan password yang tampil.
Asal kedua komputer bisa akses internet, biasanya keduanya bisa menjalankan TeamViewer dan bisa mengakses secara remote. Karena setiap saat program ini mengirim tampilan desktop komputer yang diakses, maka koneksi internet keduanya juga harus lumayan cepat.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Cara Menggunakan TeamViewer ( Remote Desktop )"