Artikel Yang Standar Menurut SEO


Artikel Berkualitas SEO

Nah, sobat , kini tiba saatnya kita masuk dalam pengoptimisasi SEO Onpage dengan cara membuat artikel yang menarik dan berkualitas standar SEO Onpage. Jika sudah membuat artikel tersebut maka akan secara otomatis google dan mesin pencari lainnya akan sangat menyukai artikel kita. 

Sebelumnya pastikan anda terlebih dahulu meriset kata kunci yang akan anda pakai dalam membuat Artikel Yang Menarik dan Berkualitas. Cara sederhana melakukan riset kata kunci yang baik dan benar adalah dengan menulis kata kunci yang kita inginkan di google dan menggabungkan beberapa kata kunci yang berada di artikel teratas dan kedua.
Cara Lainnya adalah dengan melakukan riset di Google Adwords External Keyword Tool

Setelah anda menentukan kata kunci yang akan dibuatkan artikel, maka kita siap untuk memulai pembuatan Artikel Yang Menarik dan Berkualitas serta Standar SEO. Perhatikan faktor-faktor penting di saat menulis artikel berikut ini:

1. Pemilihan Judul Artikel

Tahap pertama adalah Menentukan Judul Artikel. Pastikan judul ini mengandung kata kunci yang terpenting di dalam artikel. Panjang judul artikel sebaiknya sekitar 5-7 kata saja, karena semakin panjang akan semakin berkurang kerapatan kata kunci di dalamnya. Kalau ingin menambahkan kata kunci lebih, tambahkan di Tautan Permanen Khusus saja. Baca terlebih dulu tentang Tautan Permanen Khusus 
Dan jika ingin menghebohkan Judul Artikel cukup menambahkan satu kata saja seperti "Astaga", "Wow", "Buset" dll


2. Pemilihan URL Artikel

URL Artikel yang SEO Friendly adalah URL yang mempunyai kata kunci yang diinginkan dan telah diriset sebelumnya.


3. Gunakanlah Label Di Setiap Postingan Artikel

Selain untuk membantu aliran ke halaman-halaman artikel saat dipasang di Sidebar /Widget, Label juga sangat penting untuk pencarian kategori yang dicari oleh pengunjung blog anda. Jika memakai lebih dari satu label pisahkan dengan koma.


4. Pastikan Anda Memasang Meta Deskripsi

Meta deskripsi ini yang akan ditampilkan pada snippet hasil pencarian Google, jadi pastikan meta deskripsi ini juga menggunakan kata kunci yang ada di artikel anda. Panjang meta deskripsi itu tidak perlu terlalu panjang, 150 karakter itu sudah memadai.


5. Buatlah Artikel yang Teroptimisasi

Untuk membuat Artikel yang SEO Friendly anda perlu mengikuti aturan-aturan berikut ini :

  • Panjang artikel minimal 500 kata
  • Setiap kata kunci setidaknya diulangi 3 kali di dalam artikel
  • Kata kunci yang muncul pertama kali harus di bold atau italic
  • Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang
  • Jika bisa, buat lagi satu frasa dengan kata kunci di dalam artikel dan beri tag Heading H2 atau H3


6. Pemasangan Gambar Disetiap Postingan

Pastikan gambar yang anda pasang mengandung Alt tag. Alt tag ini bertugas memberitahu Google tentang isi gambar, karena Googlebot belum bisa mengenali gambar. Ukuran file gambar juga jangan terlalu besar, karena bisa mempengaruhi waktu loading halaman. Bagi pemakai blogspot, gambar sebaiknya langsung diupload saat menulis artikel, dan jangan dihosting di image hosting yang lain. Karena kadang hosting lain tidak bisa mengimbangi kecepatan loading gambar dari blogspot.


7. Memasang Link Di Dalam Artikel

Ikuti aturan pemasangan link yang SEO Friendly dalam postingan :

  • Pastikan semua link ternuka di Tab Baru untuk menghindari kelanjutan pembacaan artikel oleh pengunjung
  • Bedakan link yang keluar dan link yang menuju halaman blog anda sendiri. Untuk link yang keluar pastikan menggunakan rel="nofollow", sedangkan yang menuju artikel sendiri tidak perlu nofollow.
  • Usahakan dalam artikel anda setidaknya ada dua link menuju artikel lain di blog anda. Interlink seperti ini sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan robot mesin pencari mengindeks blog anda.

Demikianlah beberapa faktor-faktor yang sanagat penting dalam pembuatan Artikel Yang Menarik dan Berkualitas serta Standar SEO dalam Melakukan Optimisasi SEO Onpage Pada Blog. Jika menerapkan semua hal diatas maka jelas artikel anda berada diurutan teratas dalam google atau mesin pencari lainnya.


Sekian...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Artikel Yang Standar Menurut SEO"

  1. Makasih banyak... :D
    Saya baru tahu masalah interlink dan keyword.
    Ngomong-ngomong, saya pernah baca di blog luar negeri kalau meta tag itu tidak terlalu berpengaruh terhadap urutan di halaman google. cuma membantu google mengenali dan mengindeks saja.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete