Apa Itu Multimedia ?



Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.

Hiburan dan seni rupa juga dibantu oleh multimedia , terutama membantu dalam hiburan untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan multimedia adalah hobi populer dan program perangkat lunak yang tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Video game untuk anak-anak dan orang dewasa juga menggunakan fitur multimedia yang memberikan efek 3D dan membuat gambar menjadi hidup. Dalam seni ada artis multimedia yang menggunakan multimedia yang efisien untuk mendapatkan efek yang berbeda dan teknik. Pendekatan lain menciptakan tampilan tradisional seni rupa yang dapat dengan mudah dilihat di galeri seni. Merekam materi digital mungkin hanya sebagai tahan lama dengan salinan sempurna setiap waktu.  

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia ppendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Multimedia membuat situs yang menarik dan inovatif dalam, fungsi desain dalam hal tujuannya, mudah dinavigasi, sering diperbarui dan cepat untuk men-download. Home page dari setiap produksi multimedia harus selalu tengara, dapat diakses dari manapun di bagian multimedia.

Multimedia sedang digunakan secara luas dalam berbagai bidang karena kecepatan dan fleksibilitas. Salah satu contohnya adalah di bidang kedokteran mana, dokter dilatih dengan melihat operasi virtual dan dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh virus dan bakteri membantu mereka untuk mengembangkan teknik yang berbeda untuk mencegahnya

 DESIGN

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan tata letak.

Media komunikasi visual sangat penting bagi semua jenis instansi atau organisasi baik pemerintah maupun swasta. Media komunikasi visual merupakan media penyampaian informasi yang efektif untuk tujuan internal organisasi maupun eksternal (publik), karena secara umum orang akan lebih mudah memahami dan menerima pesan dalam bentuk visual dibanding dalm bentuk teks biasa.

Design Grafis

Penggunaan komputer grafis saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses produksi pencetakan media informasi. Dengan berbasiskan teknologi digital yang menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan dan keleluasaan, akan menghasilkan suatu gagasan visual yang lebih sempurna.

Design Grafis ini bermanfaat bagi instutisi atau lembaga yang sering memanfaatkan berbagai produk percetakan untuk penyampaian informasi pada masyarakat. Beberpa konsep dasar desain grafis, editing foto digital dengan Photoshop, pembuatan obyek curve atau vektor dengan Corel Draw dan pembuatan layout halaman buku, tabloid atau buletin dengan InDesign.

Design Multimedia

Teknologi multimedia berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi pada komputer PC dan saat ini multimedia merupakan teknologi yang paling populer selain internet. Dengan kemampuan multimedia dalam menyampaikan pesan dan informasi dengan menggabungkan unsur teks, gambar, suara dan video, maka ribuan perusahaan di seluruh dunia telah berhasil memanfaatkan untuk memasarkan produk mereka.

Multimedia komputer berguna untuk pembuatan media informasi interaktif dengan menggabungkan unsur teks, gambar, suara, video serta action sript untuk pengendalian animasi.

Digital Photography & Video Editing

Saat ini dokumentasi dalam bentuk multimedia dengan digital camera dan handycam telah banyak digunakan di berbagai instansi. Dokumentasi multimedia ini memiliki kelebihan antara lain efisien dan dapat diolah lebih lanjut untuk berbagai keperluan. Dalam pembuatan media komunikasi visual baik dalam bentuk barang-barang hasil percetakan maupun multimedia interaktif, memerlukan data pendukung berupa foto-foto dan video. Selain itu foto-foto dan video juga dapat ditayangkan secara independen pada event dan pameran.

Hal ini mempelajari penggoperasian dan pengambilan gambar menggunakan professional digital camera dan handycam, serta editingnya menggunakan komputer.

Beberapa istilah yang berkaitan dengan Multimedia dan Design adalah:
  • Multimedia Interaktif
    Merupakan sebuah produk program pada CD/DVD, Web atau media lainnya, yang menggabungkan hasil desain grafis, animasi, video serta audio yang dikemas dalam sebuah program komputer yang interaktif. Contoh dari produk Multimedia Interaktif ini adalah Company Profile dalam bentuk CD/DVD, Game Interaktif, CD/DVD Pembelajaran Interaktif.
  • Desain GrafisMerupakan gabungan beberapa matakuliah yang berisi tentang konsep-konsep dasar tentang desain (estetika, komposisi warna, dll) dilanjutkan dengan penggunaan tool-tool desain komputer (Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw). Contoh Produk yang dihasilkan adalah desain grafis untuk komputer maupun percetakan (Iklan, Poster, Brosur, dll)
  • AnimasiAnimasi yang dihasilkan dapat berupa animasi dua dimensi atau tiga dimensi. Hasil dari animasi ini dapat digabungkan dalam bentuk produk multimedia interaktif seperti game, iklan, website bahkan sampai dengan produksi film.
  • Video dan Sound Editing
    Hasil dari editing video dan audio ini dapat digabungkan dengan animasi untuk menghasilkan sebuah film atau digabungkan dalam sebuah program untuk menghasilkan produk multimedia interaktif lainnya (iklan, game, company profile, dll).
  • Desain dan Pemrograman Website Dinamis
    Desain website selain dituntut untuk menarik juga dituntut untuk mempunyai kemudahan dalam penggunaannya. Selain diajarkan tentang cara mendesain sebuah website juga akan diajarkan hal-hal yang menyangkut Human Computer Interaction sehingga website akan mudah digunakan. Pemrograman website dinamis akan mempelajari bagaimana membuat website dinamis seperti www.yahoo.com, www.google.com , www.friendster.com yang dikoneksikan dengan database tertentu.
  • Pembuatan Game Interaktif
    Game yang akan dibuat dapat berupa game komputer, game online (website) maupun game pada handphone.
     

Demikian penjelasan tentang MultiMedia dan Design. Untuk lebih mengenalnya lebih jauh lagi silahkan baca artikel atau sumber dengan topik MMD lainnya. Sekian, semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Apa Itu Multimedia ?"

  1. Blog yang sangat keren sob.. Isinya juga mengulas Multimedia secara detail .. ^^

    ReplyDelete