Makanan : Resep Sup Susu Ayam kentang, Agar Anak Doyan Susu


Sewaktu kanak-kanak, saya paling anti minum susu sapi. Mencium baunya saja eneg, tak tahan. Huek. Lambat laun setelah SMA, saya semakin mengerti manfaat meminum susu (ingat empat sehat, lima sempurna). Meski sudah telat memulai untuk menyukai meminum susu, saya waktu itu berusaha untuk membiasakan diri meminumnya, termasuk produk susu lain seperti keju dan yoghurt.
Ketika memiliki anak kecil, ketiga anak-anak kami memang tidak begitu menyukai susu (kecuali susu ibu, ASI, semasa bayi hehehe). Selain tips untuk membuat susu lebih menarik paling mudah bagi anak-anak kami adalah dengan menambahkan coklat, beberapa orang Jerman menyebutnya dengan Kaba (dimiripkan dengan merk terkenal produk coklat untuk campuran susu), membuat mereka senang untuk meminumnya entah dingin, hangat atau panas, ada cara jitu lainnya.
Ya. Ternyata ada satu lagi yang saya temukan tentang cara agar anak doyan susu lebih banyak lagi, yakni dengan membuat sup berbahan susu, kentang dan ayam dengan cara yang mudah dan murah. Tak disangka, sekali saya mencoba, mereka ketagihan. Sudah mendengarnya saja mereka sudah kelaparan, apalagi untuk meminum supnya ….
1357737272777951637
Bahan sup susu (kentang-ayam) goreng (dok.Gana)
Ini resepnya untuk lima orang (ayah, ibu dan 3 anak):
500 gram irisan daging ayam fillet potong dadu
5 buah kentang ukuran sedang, diiris dadu
1 liter susu cair (tak manis)
1 siung bawang putih (yang diiris tipis)
1 sendok makan margarin
1 sendok teh garam
Bumbu penyedap rasa (jika kurang sedap)
Irisan petersili/daun bawang sebagai penambah aksen warna hijau  jika suka
13577373471721312764
Kentang jangan sampai hancur … (dok.Gana)
Caranya:
Panaskan sedikit minyak didalam wajan dengan api kecil. Masukkan irisan bawang putih sampai berubah warna jadi kecoklatan, disusul irisan ayam, tunggu sampai berubah warna mentah jadi putih gading. Berikutnya adalah irisan kentang, aduk-aduk. Masukkan susu, aduk lagi. Tunggu sampai kentang agak empuk (sekitar 10-15 menit). Bumbui dengan garam dan margarin (penyedap rasa jika suka). Siap dihidangkan.
13577374161510180113
Susu goreng siap dihidangkan (dok.Gana)
Oh ya. Resep ini diajarkan oleh seorang teman dari Marseille, Perancis. Pria bercambang itu menjulukinya “Patat Purée”. Kalau tidak salah Patat berarti kentang dan Purée berarti bubur. Jadinya, bubur kentang, deh. Kami lebih suka dengan versi sup variasi saya daripada bubur. Resepnya adalah dengan menambahkan banyak susu di dalam wajan dan jangan membuat kentang jadi hancur/lembek dimasak. Silahkan mencoba, barangkali cocok dengan lidah anak-anak di rumah dan menjadikan mereka ketagihan makan sup susu goreng ini. Hmmm … lekker, mak nyus! Selamat makan.

Semoga Bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan : Resep Sup Susu Ayam kentang, Agar Anak Doyan Susu"

Post a Comment