Deretan Fakta Menarik Manchester United VS Liverpool


Rivalitas Manchester United vs Liverpool adalah rivalitas terbesar dalam sejarah sepakbola Inggris. Pertempuran keduanya selalu sengit dan penuh drama. Nada sinis, mengejek dan saling menghina pasti terjadi jika kedua raksasa ini bertemu.

MU dan Liverpool sejatinya dua klub tersukses di daratan Inggris. Keduanya selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik. The Reds lebih dulu menguasai Inggris dan Eropa. Mereka meraih 18 gelar liga dan lima Piala/Liga Champions.

Adapun Setan Merah  itu memenangi 19 gelar liga dan tiga Piala/Liga Champions. Total, kedua kubu sudah meraih 119 gelar (Liverpool 59 dan MU 60) di semua turnamen dan kompetisi.

Selain fakta di atas, masih ada fakta-fakta menarik lain yang melibatkan rivalitas keduanya. Berikut fakta-fakta menarik antara MU vs Liverpool:

1. Hooligans
Hooligans 
tumbuh dan berkembang di Inggris pada era 1970-an. Fans kedua klub ini juga termasuk ke dalamnya. Beberapa insiden pun tercipta setiap kali kedua kubu bertemu. Hampir selalu ada ketegangan dan ancaman bentrok jika pertandingan berlangsung.

Fans kedua tim juga saling sindir soal tragedi masing-masing. Suporter MU selalu mengolok musuhnya dengan tragedi Heysel 1985 dan Hillsborough 1989. Tragedi yang terakhir ini memakan korban 96 orang nyawa fans The Reds.

Liverpudlian pun tak terima dan balas mengejek. Mereka membalas dengan nyanyian hinaan atas tragedi Muenchen 1958 yang menewaskan rombongan skuad Setan Merah.

2. Pemain yang "berkhianat"
Haram hukumnya pemain pindah dari Liverpool ke MU ataupun sebaliknya. Hal ini tak pernah terjadi dalam 49 tahun terakhir. Pemain terakhir yang memiliki "nyali" untuk berkhianat adalah Phil Chisnall. Ia pindah dari Old Trafford ke Anfield. Total, cuma ada sembilan pemain yang berani menyebrangi kedua klub.

Namun, ada juga sejumlah pemain yang pernah membela kedua klub, tapi tidak melalui proses transfer di antara keduanya. Mereka adalah Paul Ince, Peter Beardsley dan Michael Owen.

Pada 2007 sempat ada kasus yang melibatkan pemain asal Argentina, Gabriel Heinze. The Reds ketika itu memberikan penawaran kepada MU untuk membeli Heinze. Namun, Setan Merah menolaknya mentah-mentah. Padahal, Heinze terang-terangan menyatakan ingin pindah ke Anfield. Fergie pun akhirnya naik pitam dan lebih memilih melepas Heinze ke Real Madrid.

Berikut 9 pemain yang "berani" menyebrang
Dari Liverpool ke MU:

Tom Chorlton (1912)
Tom Miller (1920)
Tommy Reid (1929)
Ted Savage (1938)
Allenby Chilton (1938)

Dari MU ke Liverpool:
Jackie Sheldon (1913)
Fred Hopkin (1921)
Thomas McNulty (1954)
Phil Chisnall (1964)

3. Ryan Giggs
Nama pemain di atas adalah yang paling sering tampil dalam laga MU vs Liverpool. Total, pemain asal Wales itu tampil 43 kali.
Ia mencatatkan debutnya pada 25 tahun lalu.

4. Suarez vs Evra
Fakta lain yang menarik adalah perseteruan antara Luis Suarez vs Patrice Evra. Keduanya terlibat perselisihan musim lalu. Suarez diduga melontarkan pernyataan rasis kepada bek asal Prancis itu. FA kemudian melakukan investigasi dan menjatuhkan larangan tampil delapan laga kepada Suarez.

Namun, masalah tak berhenti sampai di situ. Pada pertemuan berikutnya, Suarez menolak berjabat tangan dengan Evra. Skuad MU pun membalas melalui aksi Rio Ferdinand dan Danny Welbeck. Keduanya menolak uluran tangan bomber asal Uruguay tersebut.

Usai pertandingan, Fergie menilai tindakan Suarez sangat memalukan. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu juga dinilai tidak pantas membela klub sebesar The Reds. Keesokan harinya,Liverpool melalui manajer Kenny Dalglish dan Suarez langsung melontarkan pernyataan maaf resmi.

5. Head to head
Sepanjang sejarah, kedua klub total sudah bertemu 186 kali. MU masih unggul head to headdengan kemenangan mencapai 73 kali. Adapun The Anfield Gang meraih 62 kemenangan, sementara 51 laga lainnya berakhir imbang.

Ajang        MU menang    Imbang    Liverpool menang

Liga                 62              44                  53
Piala FA           9                4                    4
Piala Liga         1                0                    3
Ajang lain        1                3                    2
Total                73              51                  62

Menarik ditunggu bagaimana hasil pertempuran berikutnya yang akan berlangsung di Old Trafford pada Minggu 13 Januari 2013. Siapa yang akan berjaya? Kita tunggu saja.
Sumber : VIVABola

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Deretan Fakta Menarik Manchester United VS Liverpool"

Post a Comment